RSS

Ambarukmo Plaza: Pembawa Perubahan di tanah Sultan


Perubahan  yang Terjadi pada Masyarakat di Sekitar Ambarukmo Plaza
            Dengan dibangunnya Ambarukmo Plaza atau sering kita sebut dengan Amplaz, pasti ada perubahan yang terjadi dalam masyarakat, entah itu dalam kehidupan politik, sosial maupun ekonomi. Khusus pada bagian ini kita akan membahas perubahan masyarakat dalam kehidupan sosialnya. Perubahan dalam aspek sosial masyarakat sekitar Ambarukmo Plaza antara lain:
1.      Masyarakat sekitar Ambarukmo Plaza menjadi konsumtif. Dengan berdirinya Amplaz, masyarakat terutama ibu-ibu dan remaja putri menjadi senang berbelanja. Selain tempatnya yang nyaman, model pakaian dsb. Yang ditawarkan merupakan model-model baru yang menarik minat ibu-ibu dan remaja untuk berbelanja. Hal ini menunjukan jiwa konsumerisme yang meningkat dari masyarakat.
2.      Perubahan kedua yang sangat jelas terlihat adalah semakin bertambahnya jumlah penduduk daerah setempat yang mayoritas adalah pedagang. Karena memang daerah sekitar Amplaz merupakan tempat yang sangat menjanjikan untuk para pedagang. Bisa kita amati jalan yang membujur ke arah barat di samping gedung besar dan mewah itu terdapat banyak penjual makan. Bila kita datang waktu istirahat pegawai Amplaz pasti warung-warung tersebut akan sangat ramai. Bila dibandingkan dengan kondisi sebelum berdirinya Amplaz, jelas terlihat perbedaannya bahwa dahulu lahan itu hanya berupa lahan kosong yang sepi akan orang dan sekarang berubah menjadi tempat yang sangat ramai dikunjungi masyarakat.
3.      Perubahan ketiga yang terjadi yaitu dengan dibangunnya Departement Store Ambarukmo Plaza tersebut secara tidak langsung telah mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Yogyakarta.
4.      Munculnya Ambarukmo Plaza mendorong masyarakat untuk cenderung berperilaku boros dan menghamburkan uang. Hal ini karena barang yang ditawarkan sangat menarik dan tidak jarang harga yang ditawarkan juga menarik sehingga para konsumen cenderung untuk membeli banyak barang.
5.      Beridirnya Departement Store Ambarukmo Plaza yang menyajikan banyak barang-barang modern beserta sisi kehidupan modern yang juga ditawarkan secara tidak langsung membuat banyak remaja-remaja ABG menghabiskan waktunya di luar rumah dan di luar sekolah. Mereka lebih senang bermain di tempat belanja tersebut meskipun hanya sekedar nongkrong. Hal ini dapat mendukung kenakalan remaja yang terjadi di masyarakat

Masalah yang timbul setelah dibangunnya Ambarukmo Plaza
Cukup banyak masalah-masalah yang muncul setelah dibangunnya Ambarukmo Plaza, baik terhadap masyarakat disekitarnya atau juga bagi masyarakat secara luas. Masalah yang muncul antara lain yaitu :
a.       Kita tahu bahwa disebelah utara Ambarukmo Plaza ada sebuah pasar yaitu Pasar Gowok. Dengan dibangunnya Ambarukmo Plaza, cukup banyak para pedagang yang berpindah tempat dari Pasar Gowok tersebut ke Ambarukmo Plaza. Sehingga pasar menjadi agak sepi.
b.      Dengan dibangunnya Ambarukmo Plaza, masyarakat menjadi cenderung konsumtif serta mereka akan menjadi hidup lebih boros. Hal ini menjadi hal akibat kapitalisme modern.
c.       Dengan dibangunnya Ambarukmo Plaza, akan berpengaruh terhadap kehidupan remaja. Mereka yang senang dengan hidup berfoya-foya akan menghabiskan uang mereka hanya untuk berbelanja saja. Hal ini dapat memicu kenakalan mereka, seperti misalnya, saat ada jam sekolah, mereka biasa membolos hanya untuk berbelanja dan mengesampingkan kewajiban mereka untuk belajar dan menuntut ilmu di sekolah.
d.      Dengan dibangunnya Ambarukmo Plaza, juga mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Masalah tersebut terjadi teutama pada akhir-akhir pecan atau juga malam minggu dikarenakan banyak yang menggunakan akhir pekan mereka dengan berbelanja di Ambarukmo Plaza.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar