RSS

Pranata Keluarga

A.    Pengertian Keluarga
            Keluarga adalah suatu satuan kekerabatan yang juga merupakan satuan tempat tinggal yang ditandai oleh adanya kerjasama ekonomi, dan mempunyai fungsi untuk berkembang biak, mensosialisasi atau mendidik anak, dan menolong serta melindungi yang lemah khususnya merawat orang-orang tua mereka yang telah jompo.
            Horton (1980) menyatakan bahwa mendefinisikan keluarga tidak begitu mudah karena istilah ini digunakan dengan berbagai cara. Suatu keluarga mungkin merupakan :
1.      Suatu kelompok yang mempunyai nenek moyang yang sama;
2.      Suatu kelompok kekerabatan yang disatukan oleh darah atau perkawinan;
3.      Pasangan perkawinan dengan atau tanpa anak;
4.      Pasangan tanpa nikah yang mempunyai anak;
5.      Sartu orang dengan beberaapa anak.
            Menurut Murdock (dalam M. Idrus Abustam, 1992), keluarga adalah suatu kelompok sosial yang dicirikan oleh tempat tinggal bersama, kerjasama ekonomi dan reproduksi.
            Menurut Undang-Undang Nno. 10 tahun 1992 tentang Perkembangan Kependudukan daan Pembangunan Keluarga Sejahtera, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami-istri, ataau suami-istri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya.
            Kesimpulann bahwa dalam bentuknya yang paling dasar, sebiuah keluarga terdiri atas seorang laki-laki dan seorang perempuan dalam ikatan pernikahan, dan ditambah dengan anak-anak mereka yang biasanya tinggal dalam satu rumah yang sama.
B.     Ciri-ciri keluarga dan aturan dalam keluarga
v  Ciri-ciri keluarga antara lain ialah:
§  Merupakan suatu kelompok sosial yang terdiri dari berbagai usia dan jenis kelamin.
§  Minimal 2 orang dari mereka mempunyai hubungan sebagai suami istri yang diakui oleh masyarakat dan mempunyai anggota keluarga melalui suatu pernikahan yang sah.
§  Mempunyai seperangkat aturan sosial tertentu yang diakui dan dijalankan bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga.
§  Mempunyai fungsi pokok,diantaranya fungsi reproduksi(melahirkan anak),fungsi ekonomi(memenuhi kebutuhan makanan,pakaian,dan rumah),fungsi sosialisasi,dan fungsi perlindungan.
§  Menempati tempat tertentu dalam jangka waktu tertentu pula.

v  Aturan-aturan dalam keluarrga
            Pada umumnya aturan-aturan dalam keluarga menuntut para anggotanya untuk menaatinya. Di dalam keluarga setiap anggota saling memberi dan saling menerima berbagai pengetahuan dan saling mengingatkan untuk me nghindari perbuatan atau tingkah laku yang tidak diharapkan. Didalamnya ada beberapa konsep yang harus dipelajari dan ditaati. Seperti konsep tentang agama, agam merupakan tuntunan hidup yang dapat membina mental atau rohhani, agar berkeyakinanan pada tuhan dan menuntun manusia menjadi orang yang selalu berbuat baik dan berbudi luhur. Konsep tentang tata krama / sopan santun adalah suatu tata cara atau aturan yang turun temurun dan berkembang dalam suatu budaya masyarakat yang bermanfaat dalam pergaulan, agar terjalin hubungan yang akrab, saling pengertian, dan hormat menghormati. Konsep kerukunan berdasarkan keyakinan bahwa pada hakikatnya manusia tidak dapat hidup sendiri. Suatu keluarga dianggap rukun apabila teerdapat hubungan yang serasi lahir batin, tenang, tentram, bahagia, bersatu padu dalam suka maupun duka. Konsep ketaatan anak terhadap orang tua, bahwa anak harus patuh dan mengghormati peraturan orang tua tanpa rasa paksa atau tulus. Konsep disiplin dan tanggung jawab, apbila segala hal dikerjakan dengan teratur sehingga kewajiban dan tugasnya dapat selesai dengan waktunya. Konsep tentang kemandirian, apabila segala hal termasuk kebutuhannya telah dapat di laksanakan dan dikerjakan sendiri sesuai de ngan kemampuan dan posisi dalam keluarga itu sendiri

C.     Fungsi Keluarga
            Dalam setiap masyarakat, keluarga adalah suatu struktur kelembagaan yang berkembang melalui upaya masyarakat untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Horton menyebutkan ada sejumlah fungsi dalam keluarga, yaitu:
1.      The sexual regulation function. Keluarga adalah lembaga pokok, yang merupakan wahana bagi masyarakat untuk mengatur dan mengorganisasikan kepuasan-kepuasan seksual.
2.      The reproductive function. Untuk urusan memproduksi anak, setiap masyarakat terutama tergantung pada keluarga. Tanpa fungsi seksual dan reproduksi, maka masyarakat akan punah atau berakhir.
3.      The socialization function. Semua masyarakat tergantung pada keluarga yaitu dalam hal sosialisasi terutama untuk anak-anak. Sebagai pranata sosialisasi, keluarga diharapkan berperan sebagai pendidik anak agar kemudian menjadi anggota masyarakat yang mampu menghormati system nilai dan sistem kaidah sosial yang ada didalamnya.
4.      The affectional function. Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan akan kaish sayang atau rasa dicintai. Fromm (dalam Horton, 1980) menyebutkan bahwa barangkali penyebab utama gangguan emosional, masalah perilaku dan bahkan kesehatan fisik terbesar adalah ketiadaan cinta, yaknio tidak adanya kehangatan, hubungan kasih sayang dalam suatu lingkungan asosiasi yang intim.
5.      The status function. Dalam memasuki sebuah keluarga, seseorang mewarisi suatu rangkaian status. Seseorang menerima beberapa status dalam keluarga, bisa berdasarkan umur, jenis kelamin, urutan kelahiran, dan lain-lain. Keluarga juga berfungsi sebagai dasar untuk memberikan status sosial, sepertti orang Islam, kelas menengah, kelas bawah, atau kelas tinggi.
6.      The protective function. Dalam setiap masyarakat, keluarga memberikan perlindungan fisik, ekonomi, dan psikologi bagi seluruh anggotanya.
7.      The economic function. Keluarga secara ekonomis, adalah unit produksi dan unit konsumsi. Sevcara tradisional, keluarga bertanggung jawab bagi pemenuhan kebutuhan-kebutuhan ekonomi pokok para anggota keluarganya.
            Hakekat dan tingkat pelaksanaan fungsi-fungsi di atas sudah barang tentu berbeda antara masyarakat dengan masyarakat lainnya. Dalam prakteknya semua fungsi-fungsi tersebut saling menguatkan satu sama lain. Tanpa fungsi pertama (sexual) dan kedua (reproduksi) masyarakat akan berakhir, tanpa fungsi yang ketujuh (ekonomi) kehidupan juga.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar